Selasa, 10 Desember 2019 - 14:36:10 WIB

Creatine Terbukti Efektif Meningkatkan Tenaga dan Power Selama di Gym

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 611 kali


Banyak dari kita yang ingin memperbesar otot secara signifikan. Atau ingin menambah power dan stamina selama di gym. Ada satu solusi untuk problem di atas yaitu suplemen dengan nama CREATINE. 

Apa sih Creatine itu?
Creatine adalah zat yang secara natural dapat diproduksi oleh tubuh di ginjal dan hati saat kita mengkonsumsi protein, fungsinya untuk menambah energy saat melakukan aktifitas terutama olahraga. Meskipun jumlahnya cenderung sedikit tapi tubuh secara alami mampu memproduksinya. 

Nah dalam industry suplemen fitness dipermudah ddengan membuat creatine lebih efisien, kita tidak perlu lagi makan protein dalam jumlah banyak tapi bisa mengambil sari pati creatine tersebut dalam bentuk suplemen bisa powder, liquid atau kapsul. 

Udah konsumsi cukup protein emang masi perlu ya creatine?! Nah ini penting juga diperhatikan!

Creatine dan protein baik dari makanan maupun suplemen bekerja dengan cara yang ngga sama. Perlu dipahami dahulu bahwa pembentukan otot terjadi saat adanya kerusakan yang diakibatkan latihan di gym, setelah itu diperbaiki menjadi lebih kuat dan besara menggunakan nutrisi selama kita istirahat. 

Creatine bekerja dengan cara mengikat cairan tubuh ke dalam otot yg berguna meningkatkan power, stamina. Semakin besar tenaga yang dihasilkan dari penyerapan air tersebut akan memperparah kerusakan otot selama latihan dan protein bekerja sebagai nutrisi untuk memperbaiki kerusakan yang dihasilan kita selama melakukan aktifitas. (lempar pertanyaan)

Secara sederhana mekanisme kerjanya begini. 
Sumber energy untuk melakukan gerakan kontraksi pada otot dinamakan ATP.

Nah mengkonsumsi creatine dapat secara short term meningkatkan ATP yang jelas membuat angkatan, energy dan tenaga jadi lebih besar .

Nah kalo kita bisa ngangkat beban latihan lebih berat, repetisi lebih banyak dan set juga bertambah, jelas kita mampu membuat kerusakan serabut otot lebih banyak dan lebih parah, yang dengan istirahat cukup, suplai protein yang sesuai kebutuhan akan membuat tubuh kita membangun otot lebih besar keesokan harinya. 

Dan yang perlu kalian tahu Creatine ngga cuman digunakan oleh atlit bodybuilding, atau juga atlit sepakbola, gulat, tinju bahkan sprinter untuk meningkatkan performance di lapangan. 

Fungsi creatine 
1. Manfaat jangka pendek : Creatine mampu mengikat cairan tubuh ke otot yang membuat otot kita terlihat lebih tebal dan padat. Jelas ini bukan lemak karena Creatine mengandung zero kalori dan aman dikonsumsi bahkan saat kamu sedang defisit kalori. 

2. Manfaat jangka panjang, dengan bertambahnya ukuran pada otot mu berkat penyerapa cairan tubuh membuat energy ATP mu meningkat yang bisa membuat angkatan lebih berat, secara konsisten akan memperparah kerusakan otot saat latihan dan membuat tubuhmu lebih kuat dan lebih besar lagi.

Cuman lagi-lagi kalo ngomong asal tanpa pembuktian riset dan journal juga sama dengan omong kosong. 

Nah kita bahas yuk menurut journal dan science
Menurut Riset yang di publish Journal Sports Science and Medicine tahun 2003, percobaan creatine ke 19 orang atlit yang mengkonsumsi 5 gram per hari selama 12 minggu dan rutin melakukan latihan beban mampu melakukan penambahan massa otot tanpa penumpukan lemak sebanyak 6.3%. 

Bahkan masi di journal yang sama menyebutkan bahwa percobaan terhadap atlit powerlifting, crossfit dan bodybuilder yang rutin mengkonsumsi 20gram creatine di 4 hari pertama selanjutnya 5 gram selama 66 hari mampu meningkatkan ukuran ototnya 20-25%. 
https://www.jssm.org/vol2/n4/1/v2n4-1pdf.pdf

Satu lagi hasil Riset dari Journal of International Society of Sport Nutrtion menyebutkan Creaatine memiliki beberapa manfaat
1. Meningkatkan fungsi ATP yang berdampak pada penambahan energy 
2. Meningkatkan ukuran otot 
3. Meningkatkan ketahanan aerobic
4. Peningkatkan ukuran otot pada creatine diakibatkan dari cairan tubuh dan tidak mengakibatkan penumpukan lemak, justru cairana tersebut membuat otot lebih padat dan meningkatkan power selama di gym. 
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3407788/

Nah kali ini Menurut Profesor Chad Kerksick Ph. D Professor exercise physiology di Universitas di Oklahoma menyebutkan creatine mampu secara efektif meningkatkan strength dan power tapi Chad Kerksick merekomendasikan untuk mengkonsumsi creatine monohydrate 100% murni dengan alasan pertama lebih ekonomis, dan kedua kandungan elektrolit atau semacam nya ngga begitu berpengaruh ke tubuh dalam proses penyerapan protein. 

Nah masi menurut orang yang sama merekomendasikan mengkonsumsi creatine dicampur dengan sedikit buah dan diblender dengan alasan sugar dalam buah akan meningkatkan insulin level dan jelaas akan membantu penyerapan creatine tersebut ke otot. 

Chad Kerksick juga menyarankan untuk mencari creatine yang mudah larut, karena ada beberapa merk yang masih mengendap di bawah botol sekalipun sudah di kocok lama. 

Jadi amankah buat kita yang ingin gedein otot mengkonsumsi Creatine?

Tahun 2007 ISSN mempublish riset bahwa mengkonsumsi creatine dengan dosis yang dianjurkan dan sesuai kebutuhan sangatlah aman. ISSN merekomendasikan untuk mengkonsumsi 5gram setiap hari selama 3-5 minggu, dan melakukan loading sebanyak 20-25gram di 4hari pertama. 
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2048496/

Jadi rangkuman dari ini artikel panjang ini adalah
1. Creatine terbukti efektif meningkatkan tenaga dan power selama di gym
2. Creatine mampu memperbesar otot dengan mengikat cairan tubuh
3. Creatine aman dikonsumsi jangka panjang dalam dosis yang dianjurkan
4. Creatine ngga bikin badan kita gemuk atau basah karena zero kalori 
5. Creatine cocok digunakan bagi kamu yang ingin membentuk massa otot 

Evolene baru saja merilis Crevolene, Product Creatine yang tentu sudah memiliki BPOM dan HALAL. Crevolene digunakan sebelum dan sesudah latihan dan hanya perlu 5 gram setiiap serving nya. 

Dalam satu kemasan bisa digunakan 60x sajian, yang artinya bila kamu latihan setiap haari dan dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan, satu bungkus crevolene bisa digunakan untuk 30 hari. Bayangkan dengan harga 175 ribu kamu bisa mendapatkan supply creatine untuk satu bulan.

Dan Evolene memberikan special promo untuk launching kali ini yaitu Free DUAL SHAKER BOTOL senilai Rp125.000 untuk srtiap pembelian 2 sak Crevolene 330gram. 

Dapatkan Productnya di Evolene.co.id atau hubungi distributor Evolene terdekat di kota kalian.