Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:09:38 WIB

LAPAN Akan Gelar ICARES di Yogyakarta

Penulis : Redaksi
Kategori: TEKNOLOGI - Dibaca: 287 kali


LAPAN akan menggelar International Conference on Aerospace Electronics and Remote Sensing Technology (ICARES) pada tanggal 17 Oktober 2019 di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Konferensi tingkat internasional ini akan membahas mengenai upaya peningkatan kualitas kontrol, komunikasi, dan penginderaan bumi berbasis teknologi ruang angkasa. ICARES 2019 ini menjadi wadah untuk mendesiminasikan informasi terbaru yaitu teknologi sensor dan wahana berbasis antariksa yang meliputi teknologi satelit mikro dan UAV, komunikasi perangkat seluler di darat dan laut, desain kontrol stokastik wahana antariksa, serta pengembangan penginderaan jauh gelombang mikro, teknologi SAR, dan Big SAR.

Acara ini akan dihadiri oleh Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin, Ketua Indonesia Section IEE Aerospace & Electronics System Society And The Geoscience & Remote Sensing Society Joint Chapter, Dr. Arifin Nugroho, dan Ketua Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia, Prof. Dr. Wisnu Jatmiko.

Konferensi ini juga akan menghadirkan beberapa pembicara utama antara lain Prof. Kohei Arai, (Saga University, Arizona University) yang akan memaparkan tentang “Remote Sensing Satellite Big Data analysis”, Dr. Bambang Hendro Trisasongko, (IPB University) mempresentasikan “Contemporary Perspective on SAR Data Utilisation”, dan Jean-Baptiste Voisin, (CEO PT. CLS Argos Indonesia), akan menjelaskan tentang “The Satellite IOT Connectivity.

Berbagai peneliti dan perekayasa baik dari Indonesia maupun mancanegara juga akan menampilkan karya ilmiahnya dalam konferensi ini. Karya tulis mereka sudah melalui beberapa tahapan seleksi dari technical program committee yang berasal dari lembaga internasional seperti Malaysia, Iraq, Turki, Amerika Serikat, Jepang, Italia, Swis, Jerman, Korea, Perancis, Belanda, Kanada, Spanyol, Maroko, Inggris, Polandia, Bulgaria, Singapura, Taiwan, India, Portugal, Pakistan, Denmark, dan Rusia. Berdasarkan proses seleksi telah terpilih 21 karya ilmiah yang diterima dan akan dipresentasikan dalam International Conference on Aerospace Electronics and Remote Sensing Technology (ICARES) tahun 2019 ini.