Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:07:50 WIB

Diduga Ada Dalang Kerusuhan, ARJ Desak Pemerintah Usut Tuntas Kerusuhan Manokwari

Penulis : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 363 kali


Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) mendesak pemerintah bersikap tegas menangani kerusuhan di Manokwari, Papua, yang terjadi beberapa hari lalu. Kerusuhan sebagai buntut dehumanisasi dan rasialis yang terjadi pada aksi damai mahasiswa di Malang dan Surabaya tersebut mendapat perhatian serius seluruh masyatakat Indonesia dan internasional.

"Kejadian di Malang dan Surabaya sangat memprihatinkan. sangat tidak pantas terjadi di Indonesia. Kejadian (dehumanisasi dan rasialis) tersebut sangat melukai masyarakat Papua. Kita sangat prihatin. Mudah-mudahan masyarakat Papua bisa memaafkan", kata Koordinator ARJ, Adil Fitri saat konferensi pers Pernyataan Sikap ARJ Terkait Kerusuhan Manokwari Papua, di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (22/8).

"Kami mendesak kepolisian untuk mengambil tindakan-tindakan yang dibutuhkan guna menyelesaikan masalah, agar kedepan tidak terjadi lagi. Kami mendorong agar aparat keamanan menangkap pelaku di Surabaya kemaren dan aktor intelektual yang ada di Papua", lanjut Adil.

Adil mengajak seluruh elemen masyarakat tidak mudah terpancing dan bersama-sama menjaga kondusifitas situasi di Papua dengan meningkatkan kerukunan, persatuan dan kesatuan.

"Kejadian ini mengingatkan kita akan perlunya menguatkan persatuan. Kita semua bersaudara, maka tidak ada halangan seharusnya untuk kita bersatu. Semua harus sadar, kita memang berbeda tapi itu membuat kita lebih baik. Jadi sekali lagi kami himbau seluruh anak bangsa, tidak mudah terprovokasi. Pertahankan kesatuan itu agar kita kuat Tugas kita semua menjaga persatuan itu", tandasnya.  (bud)